Loading...

Kamis, 25 April 2013

Cara Mengerjakan Soal UN Bahasa Inggris Lengkap

Ujian Nasional sebentar lagi akan datang. Untuk adik - adik yang sedang duduk di kelas XII khususnya, pasti sedang sibuk - sibuknya mempersiapkan bekal untuk menuju ke UN tersebut agar dapat meraih kelulusan yang di idam - idamkan.
Salah satu yang menjadi momok menakutkan adalah pelajaran Bahasa Inggris, terutama pada sesi Listening.
Nah, berikut adalah Tips untuk mengerjakan soal - soal tersebut yang terdiri dari 4 Part. Monggoh disimak:

PART-I : PICTURES

Pada bagian pertama dari UN Listening, anda akan melihat foto-foto dan kemudian diminta untuk memilih kalimat yang paling menggambarkan gambar. Untuk menjawab soal ini dengan baik adalah dengan memperhatikan gambar-gambar secara teliti. Perhatikan gambar pada saat ‘direction’ sedang diperdengarkan (karena petunjuk soal setiap tahun selalu sama). Sehingga pada saat soal diputar, anda sudah siap. Tanyakan kepada diri sendiri, gambar itu tentang siapa, apa, sedang apa, dimana atau kenapa.

PART-II : QUESTION – RESPONSE
Pada listening bagian ke-2 anda akan mendengarkan sebuah pertanyaan, kemudian anda harus memilih satu respon yang paling tepat untuk pertanyaan itu. Yang harus anda waspadai adalah:
Terdapat kata-kata yang bunyinya mirip dengan kata di pertanyaan.
contoh:
question: How much does it cost?
answer: Tank you very much.
Meskipun sama-sama terdapat kata much, tapi jawaban itu bukan respon yang tepat untuk pertanyaan ‘How much does it cost?
Perhatikan kata tanya di awal kalimat (WH question; who, what, when, where, why, what, How, dll.)
Waspadai pula penggunaan ‘question tags’
Jika anda ragu-ragu, pilih saja respon/ jawaban yang anda rasa paling masuk akal untuk pertanyaan tersebut. Yang terpenting jangan sampai lembar jawaban anda kosong.

PART-III : SHORT CONVERSATION
Pada bagian ketiga, anda akan mendengar dialog singkat dan kemudian anda mendapat pertanyaan tentang dialog tersebut. Dalam hal ini anda perlu menggunakan memori jangka pendek dengan baik. Strategi terbaik adalah untuk mewaspadai:
  • Kesamaan bunyi kata-kata pada jawaban dengan yang ada pada dialog
  • Kata negatif (don’t, hardly, won’t, dll.)
  • Kata-kata yang terkait dengan waktu (always, seldom, never dll)
Bacalah pertanyaannya terlebih dahulu dan bahkan mungkin jawaban, sebelum anda mendengar dialog. Periksa semua pilihan dan jangan memilih terlalu cepat.

PART-IV : SHORT TALKS
Dalam bagian keempat, anda akan mendengar monolog dan kemudian mendapat pertanyaan tentang hal itu. Yang harus anda lakukan kurang lebih sama sebagaimana dalam bagian sebelumnya, tetapi anda perlu lebih hati-hati dalam menyimak detail information dan memperhatikan konteks. Cobalah untuk membaca pertanyaan-pertanyaan sebelum monolog diperdengarkan, dan dengarkan seluruh pembicaraan sebelum memilih jawaban. Gunakan waktu anda dengan bijaksana, jangan tertinggal atau kehilangan informasi penting yang terkait dengan pertanyaan berikutnya. Catatlah kata atau kalimat yang bisa anda tangkap ke dalam sebuah oret - oretan kertas, karena hal tersebut akan sedikit membantu anda ketika anda bingung menentukan pilihan jawaban.
  1. Konsep Dasar
Gagasan Utama Adalah hal/tema yang diusung atau di bicarakan dalam suatu teks. Dengan kata lain, Gagasan Utama Merupakan gambaran umum cerita, yaitu apa yang menjadi penulis secara spesifik apa maksud si penulis menuliskan teks tersebut. Apabila kita dapat mereduksi bacaan pada teks menjadi suatu kalimat, bunyi kalimat itulah yang kita namakan pikiran utama.
  1. Clue
Clue Merupakan soal yang mempertanyakan Gagasan Utama (inti pembicaraan teks) lazimnya memiliki Clue antara lain dalam redaksi soal terdapat salah satu kata, yaitu memiliki Clue antara lain :
  • Main idea information
  • Mainly discusses
  • The text(  …. ) about
  • Topik
  • Being talked/ described/advertised
  • The text apsribes
  • Subject

  1. Tips
1)      Bila teks memiliki judul, maka judul-lah yang menjadi inti pembicaraan soal
2)      Bila teks tidak memiliki judul :
  1. Untuk teks yang terdiri dari hanya satu paragraf è bacalah kalimat pertama dan kalau perlu tambahkan kalimat terakhir.
  2. Untuk teks yang terdiri dari lebih satu paragraf è bacalah kalimat pertama dan terakhir paragraf 1, dan setiap kalimat pertama dari paragraf lainnya.
3)      Bila terdapat kata yang di ulang-ulang , maka kata itulah yang sedang dibicarakan teks.
  1. Clue
Soal yang mempertanyakan informasi spesifik dari suatu teks lazimnya memiliki Clue antara lain :
1)      Menggunakan kata tanya Who, What, Where, Which, Why, When, And How.
2)      Terdapat penggalan kalimat yang belum selesai.
  1. Tips
Cara di teks kata yang sama dengan soal, baca kalimat tersebut secara lengkap atau baca kalimat sebelum atau sesudah kalimat yang memiliki kata yang sama dengan soal tersebut.
  1. Clue
Clue untuk jenis soal Sorting information, antara lain :
  •  …. True …. According to ….
  • …. Not true …. According to ….
  • …. Except
  • Menggunakan kata tanya Who, What, Where, Which, Why, When, and How.
  • …. Correct …. According to ….

  1. Tips
Cari di teks kata yang sama denga kalimat soal atau pilihan. Pilih apakah kata yang di maksud pilih di paparkan teks atau tidak.
  1. Clue
Soal yang mempertanyakan rujukan kata (Reference Word)

Umumnya memiliki :
  • What does “he / she / it / they / this / that” in the sentence refer to ….
  • The Underlined Word refers to ….

  1. Tips
Cari di teks yang memiliki pronoun bersangkutan, lalu perhatikan pernyataan sebelum kalimat tadi.
Menjawab Soal-soal Tenses tidaklah mudah untuk dilakukan, namun tidak juga sesulit membuat roket, Anda bisa menjawab soal-soal tenses dengan banyak belajar, banyak mengerjakan soal-soal tenses, atau bahkan sudah memiliki jam terbang mengajar bahasa inggris, tenses khususnya. 
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang tips jitu menjawab soal-soal tenses yang proven bagi saya.
  1. Melihat petunjuk waktu (time signal)
Nah, temen-temen….
Disini saya akan berbagi salah satu Strategi Jitu untuk mengerjakan/menjawab soal-soal tenses dengan cepat.
Biasanya, ketika saya menghadapi soal-soal tenses….saya akan…..:
1. Melihat Time Signal (Petunjuk waktu)
2. Menentukan Tenses-nya dan Rumus dasar-nya
3. Menjawab soal
Jadi, hanya dengan modal 3 strategi diatas kita sudah mampu menjawab soal-soal tenses tanpa harus kita tahu arti masing-masing kalimat/soal.
Contoh soal-soal Tenses :
1.       I……….to school everyday (everyday = time signal untuk Simple Present)
a.       Goes (salah, karena cocoknya ketika subjeknya he/she/it)
b.      Go (benar)
c.       Gone(jelas salah)
d.      Going(jelas salah)
Misalkan saja soal no.1:
Dengan menggunakan strategi diatas maka saya analisis:
1.       Time signal : everyday
2.       Menentukan Tenses : Simple present à S + V-1(s/es) + O
3.       Menjawab soal : Setelah “I” haruslah V-1, maka “go” adalah jawaban yang paling tepat!!
Untuk soal no.2 & 3 silahkan anda coba menjawab dengan strategi diatas
2.       We…………now (now = time signal untuk Present continous)
a.       Is sitting(salah)
b.      Are sitting(benar)
c.       Were sitting(salah)
d.      Was sitting(salah)
3.       Ani…….movie last night (last night = time signal untuk Simple Past)
a.       See (salah)
b.      Saw (benar, saw = V-2 dari see)
c.       Seen(salah)
d.      Seeing (salah)
3. Error Recognition
    Soal jenis ini yaitu mencari yang salah, dan sering dianggap soal yang paling sulit disbanding jenis soal Reading  yang lainnya. Untuk itu saya mencoba member trik dan strategi cara menjawab soal jenis ini agar menjadi lebih mudah. Biasanya yang disoalkan adalah grammar(structure). Sebelum kamu menjawabnya, identifikasi dulu soalnya jenis grammar yang mana yang disoalkan.
Jenis grammar yang sering disoalkan antara lain:
1.Kata kerja (tenses)
2.If conditional
3.Relative pronouns (who,whom,whose,which)
4.Comparisson Degree
5.Penggunaan Modals (will,may,can,should,dll)
6.Gerunds
7.Preposition (on, at, in, of, for, dll)
8.Adjective ending -ed dan ending -ing
Kalau sudah teridentifikasi sisihkan kira-kira option mana yang berkaitan dengan jenis grammar yang teridentifikasi.
Misalya teridentifikasi jenis Adjective ending -ed dan ending -ing.
Contoh soal :  Yesterday I felt so tiringI didn’t have time totake a rest during office hours 
                                                           A                   B
since I had so.  
               C                        
                          Many things to do 
                                                      D
Dari soal diatas option yang berkaitan dengan  Adjective ending -ed dan ending –ing hanya option A setelah diteliti seharusnya so tired jadi jawabannya adalah A.
Teridentifikasi  Comparisson Degree
Contoh soal : Grace     : You are wearing your new shoes! Are these as comfortable as the old
                                                                                                                                                   A
ones?                                             
                                                                                                                                        
 Sherina   : These are less expensive and a little more lighter than the the old
                                              B                                       C
ones but  I
                                                                       
                        Think they won’t be as powerful.  
                                                                       D 
Dari soal diatas teridentifikasi yang berkaitan yaitu option A, B, C. Yang A =benar positive degree as adjective as, B = benar Less bentuk comparative degree dari little (lebih sedikit) sedangkan option C=salah more digunakan untuk adjective 2 suku kata lebih lighter sudah benar dengan menambahkan akhiran –er jadi seharusnya tanpa ada more.

4. Reading Comphrehension

    Mengerjakan jenis soal ini perlu ketelitian dalam memahami pertanyaannya. Langkah pertama fahami dulu pertanyaannya kalau belum yakin maksud pertanyaannya, baca dan pelajari lagi berulang-ulang.
Tidak semua pertanyaan dijawab dengan harus menterjemahkan seluruh isi teks tergantung dari pertanyaannya. Terdapat paling tidak 3 jenis pertanyaan:
a.Tersurat : pertanyaan yang jawabannya tertulis di teks, kamu tinggal cari saja dalam kalimat/paragraph yang dimaksusud kalau tidak ada cari padanan katanya di pilihan jawaban.
b.Tersirat kalimat/kata jawabannya tidak secara jelas tertulis di dalam teks. Tapi kamu harus bisa memahami atau paling tidak menyimpulkan isi teks.
c. Kosa Kata : mencari sinonom, antonim
 
A.  LeMaH + Obj + Verb1
LeMaH yaitu:
Let : membiarkan, mengizinkan
Make : membuat, menjadikan
Help : membantu, menolong
Contoh soal:
1. The fact that he was put in prison for something that he had not done made his wife ______.
A. cry
B. cried
C. crying
D. to cry
E. to be crying
Pembahasan: perhatikan bagian akhir kalimat: made his wife…. Kata made (make) merupakan bagian dari LeMaH. Maka Verb setelah Object (his wife) adalah Verb1, yaitu cry.  Jawab: A
2. X: Can you help me ______ the street?
     Y: All right, take my hand and walk beside me.
A. to cross
B. to be crossed
C. cross
D. crossed
E. crossing
Pembahasan: pola LeMaH + obj + verb1. Yang merupakan verb 1 adalah: cross.  Jawab: C

B.  PrAWaNE BEGO + to Verb1 atau PrAWANE BEGO + Obj + to Verb1
PrAWANE BEGO yaitu:
Promise : berjanji
Ask : bertanya, meminta
Want : menginginkan, berkehendak
Need : membutuhkan, memerlukan
Expect : mengharapkan, mendambakan
Beg : meminta, memohon
Order : memerintahkan, menyuruh
Contoh soal:
1. Having been fired from the company, she asked me ______ her get a new job
A. help
B. to help
C. helped
D. helping
E. to be helped
Pembahasan: kata asked (ask) adalah bagian dari PrAWaNE BEGO. Maka setelah object (me), yang tepat adalah to-Verb1, yaitu: to help.  Jawab: B
Contoh Tips dan Trik QuCRA di atas adalah salah satu metode dalam menyelesaikan soal-soal Bahasa Inggris SPMB/SNMPTN/STAN secara cepat, kreatif dan akurat. Tentu saja masih banyak cara lain yang bisa membuat pembelajaran atau tutorial Bahasa Inggris menjadi mengasikkan, santai, mudah diingat dan tidak membosankan. Inovasi-inovasi metode pembelajaran seperti itulah yang perlu dikembangkan di sekolah maupun di bimbingan belajar sehingga siswa lebih tertantang dan lebih kreatif. Tips & Trik ini saya saring dari referensi selama mengajar di sekolah dan bimbingan belajar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar