Loading...

Kamis, 25 April 2013

Cara Cepat Membaca Teks Bahasa Inggris


Setelah sebelumnya kita membahasnarrative text, salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris, sekarang saatnya kita membahas cara cepat membaca teks berbahasa Inggris agar kita dapat membaca dengan cepat, efektif, dan praktis.

Banyak faktor yang membuat kita bisa membaca teks bahasa Inggris dengan lebih cepat. Salah satunya adalah pemahaman kita atau, lebih tepatnya, kemampuan kita dalam pelafalan (pronunciation). Jika kita belum bisa cara mengucapkan teks berbahasa Inggris dengan baik, maka kita pun akan lebih lambat dalam membaca teks bahasa Inggris tersebut. (baca : Video belajar Pronunciation)

Nah, untuk lebih singkatnya, mari kita baca cara cepat membaca teks berbahasa Inggris di bawah ini :

1. Read frequently. The more you read, the more opportunities you have to practice reading faster.

Sering membaca. Semakin sering anda membaca, semakin banyak kesempatan anda berlatih membaca lebih cepat.

2.  Avoid moving your lips when you read, or talking to yourself in your head. Doing so slows your reading down because speech is slower than reading.

Hindari menggerakkan lidah anda ketika membaca, atau berbicara pada diri sendiri dalam kepala anda. Melakukan hal tersebut (menggerakkan lidah dan berbicara sendiri dalam otak) memperlambat bacaan anda karena berbicara itu lebih lambat daripada membaca.

3.   Read material with large fonts to make it easier to read faster and to avoid skipping lines.

Baca materi dengan font yang besar membuat kita lebih mudah membaca cepat, dan hindari melewatkan beberapa baris.

4.   Adjust your reading rate to fit the content. Read faster for easier content, and more slowly for content that is harder to digest.

Sesuaikan kecepatan membaca anda sesuai isi bacaan. Baca dengan cepat untuk konten bacaan yang mudah saja, dan semakin lambat anda membaca berarti konten bacaan tersebut sulit untuk dicerna.

5. Give reading your full attention. Don't try to watch TV or listen to music while you read.

Perhatikan bacaan anda. Jangan mencoba menonton TV atau mendengarkan music ketika sedang membaca.

6.  Use a pen, your finger or a bookmark as a tool to guide your reading. Move the tool faster and your eyes will follow it at the speed you move it.

Gunakan pulpen, jari anda atau penunjuk halaman buku sebagai alat penunjuk bacaan anda. Gerakkan alat tersebut dengan cepat dan mata anda harus mengikutinya pada kecepatan anda menggerakkannya.

7.  Read in phrases rather than individual words. The more your eye stops in a sentence the more slowly you will read and the less you will comprehend what you read.

Bacalah frasa daripada kata perkata. Semakin mata anda berhenti pada sebuah kalimat, semakin lambat anda membaca dan semakin sedikit anda bisa memahami apa yang anda baca.

8.   Practice reading with a book you have already read. This will make it easier to get used to skipping certain words and passages.

Berlatihlah membaca dengan buku yang telah anda baca. Hal ini akan mempermudah anda untuk terbiasa melewati kata-kata tertentu dan bagian tertentu dalam buku.

9.  Prioritize content and skip unimportant information. Many people spend too much time reading unimportant content, which slows down the reading rate.

Prioritaskan isi dan lewati informasi yang tidak penting. Banyak orang menghabiskan banyak waktu untuk membaca konten yang tidak penting, yang akan memperlambat kecepatan membaca.

10.Pay attention the first time you read so you won't have to reread paragraphs or words.

Perhatikan waktu pertama anda membaca sehingga anda tidak perlu membaca ulang paragraf atau kata-katanya.

Oia, tidak lupa pula ada syarat penting agar kita bisa membaca teks bahasa Inggris dengan lebih cepat. Apa itu? Anda Haru memiliki buku bahasa Inggris. :) Jika tidak, cukup baca saja cerita bahasa Inggris. :)
Semoga, artikel tentang cara membaca cepat teks bahasa Inggris ini bisa bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar