Senin, 16 September 2013

TEKNIK SPEAKING

Ada cara cepat Untuk berbicara mudah berbahasa Inggris, tidak ada yang instan.. semua ada proses nya. Beberapa waktu lalu saya diundang untuk memberikan presentasi tentang teknik pengajaran conversation di Indramayu. Hampir semua pesertanya adalah “lulusan pare” yang terkenal itu. Ketika saya berdialog bagamana cara belajar di kampung pare, saya sedikit tersenyum… “kenapa harus jauh-jauh ke Pare jika anda bisa membuatnya di sekolah anda?” saya katakan kepada peserta pelatihan. “Ikuti pelatihan saya, maka anda akan melihat siswa-siswi anda berbicara bahasa Inggris dengan baik dalam waktu yang tidak lama.”

Benar saja, setelah pelatihan, hampir semua peserta terkejut.. dengan fakta bahwa yang mereka terima selama “nyantren” di pare hanya merupakan dasar teknik penguasaan, bagian terkecil dari materi pelatihan yang saya berikan. Akhirnya, mereka pun sharing banyak hal tentang pengajaran speaking khususnya yang berkaitan dengan conversation.


Teknik pertama guided speaking adalah dengan penekanan kepada pronunciation and limited speaking dengan clue-clue atau track yang telah direncanakan terlebih dahulu. Teknik kedua yaitu responsive speaking. ingat, kemampuan berbicara dapat distimulasi dari bacaan (berbahasa Inggris), dan bacaan sangat kaya dengan vocabualary dan struktur bahasa. Dalam teknik kedua ini, kemapuan berbicara siswa muncul dengan stimulasi bacaan ini. Teknik ketiga yaitu productive speaking. Berbicara dengan wacana yang luas dalam teknik ini merupakan tujuan utamanya, tapi, hanya dapat diperoleh apabila siswa telah menguasai kemampua speaking dari teknik pertama dan kedua telah dipamahami dan dikuasai dengan baik.
Ketiga teknik pengajaran tersebut sangat sesuai dengan kondisi kelas kecil ataupun kelas besar, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengajarkan speaking untuk jumlah siswa dengan jumlah 40 dalam sebuah ruang kelas. Ketiga teknik tersebut merupakan hasil penelitian dan observasi yang saya lakukan semenjak tahun 2002, dan saya kembangkan ketika saya mulai mendalami teknik pengajaran speaking ketika mengajarkan mata kuliah TEFL di sebuah universitas di Jakarta. Hasil nya cukup memuaskan, dan rasa puas melihat siswa kita cas cis cus dalam bahasa Inggris.

PENILAIAN SPEAKING
Kemampuan berbicara (speaking) dalam pelajaran bahasa Inggris
merupakan kemampuan yang hampir sama sulitnya dirasakan oleh sebagian besar siswa di sekolah.
Kesulitan speaking biasanya disebabkan:

1. Sulitnya mengungkapkan ide secara lisan. Sehingga siswa bingung untuk berbicara.
2. Terbatasnya kosakata (vocabulary), sehingga siswa sulit berbicara lancar dan lama.
3. Terbatasnya kemampuan tata bahasa (grammar). Sehingga sulit berbicara dengan aturan
yang benar.
4. Terbatasnya melafalkan kata-kata (pronounciation). Sehingga sulit mengucapkan kata yang
diucapkannya dengan benar.
5. Kurangnya keberanian untuk berbicara karena takut salah.


Tekhnis pelaksanaan speaking dapat mencoba sbb:
a. Terlebih dahulu menerangkan semua hal yang berkaitan dengan drama. Mulai dari cara
membuat naskah, setting panggung, dll.
b. Membagi siswa dalam kelompok. Setiap kelompoknya terdiri atas 5-6 orang secara
heterogen berdasarkan kemampuan.
c. Setiap kelompok di tugaskan membuat drama yang temanya bebas, dan durasi drama
maksimal 10 menit. Serta setiap anak dialognya minimal 5 dialog.
Masing-masing kelompok setiap minggunya harus berkonsultasi tentang hasil tulisannya.
Naskah yang sudah di konsultasikan dan diperiksa oleh guru, dikembalikan pada siswa untuk
diperbaiki dan di tulis ulang.
Penilaian speaking dilakukan secara individual dengan aspek-aspek penilaian:
*. Intonasi (intonation)
*. Pengucapan (pronounciation)
*. Tata bahasa (grammer)
*. Kelancaran bicara (fluency), dan
*. Gaya bicara (diction).
*Memulai Balajar Speaking*
1. Mengadopsi Filosofi Bayi
Belajar speaking pada dasarnya adalah kita belajar untuk berbicara. Seperti halnya bayi yang baru lahir kedunia, dia merasa asing tetapi memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tak kenal menyerah, tidak punya rasa
2. Belajar Tata Bahasa Adalah Urusan ke-99
Masih berkaca pada bagaimana anak kecil yang memulai belajar berbicara. Ketika belajar berbicara, mereka berusaha agar bicaranya bisa di pahami oleh orang yang ada di sekiatarnya. mereka tidak tahu apa itu grammar, kata kerja, objek, pradikat, kalimat pasif, dll. Seperti itulah ketika kita mengawali belajar speaking, Tata bahasa tidak perlu di permasalahkan secara berlebih, mulailah berbicaralah meskipun tata bahasanya lumayan kacau. Hal yang perlu ditekankan adalah bagaimana orang lain bisa mengerti bahasa inggris kita. kalau melakukan kesalahan grammar yang sangat fatal, maka orang di sakitar kita pasti akan mengorksinya.
3. Memperbanyak Perbendaharaan Kata
Semua orang pasti setuju dengan cara ini. sabab kalau kosa kata kita kurang maka yang terjadi adalah kebingungan akan kata apa yang harus keluar dari mulut kita.dan akhirnya yang keluar adalah bahasa isyarat. Untuk memperbanyak perbendaharaan kata bisa dimulai dengan mengenal benda-benda disekitar kita. mulailah ucapkan segala benda yang ada di lingkungan rumah, kampus/sekolahan, terminal,stasiun, pasar, sawah,tegalan, dan lingkungan lain yang lebih jauh dari otak kita. setelah mengenali, selanjutnya ketika melihat sebuah benda cobalah untuk mengaitkan dengan benda-benda lainya. misal ketika kita melihat korden, pikirkan dan berbicaralah tentang bahan korden,alat yang digunakan untuk membuat korden, apa motif korden tersebut dan lain sebagainya.
4. Menonton Film dan Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris
Bagi pecinta film dan musik pasti senang akan kabar ini. Dengan menonton film dan mendengarkan musik berbahasa inggris secara tidak langsung kita pun belajar speaking.asalkan melakukan ini disertai dengan usaha menerjemahkan isinya, sebenarnya kita mendapatkan pelajaran yang sangat banyak. kita bisa belajar logatnya dan dengan membandingkan percakapan antara pemainya dengan teks (subtitle) maka kitapun belajar menerjemahkan sesuai konteksnya,bukan menerjemahkan perkata.
5. Buatlah English Area atau English Day
karena kita belajar Speaking, maka komunikasi verbal antar personal harus dilakukan. Buatlah kelompok bersama teman-teman dekat untuk berbicara dengan bahasa inggris. bisa di sepakati dimanapun itu, baik di kosan, kampus maupun di warkop.berbicaralah dengan tema bebas tanpa dibatasi. dan lakukan tanya jawab secara alamiah (seperti kasaharian).Yang perlu diperhatikan adalah usahakan dalam satu kelompuk tersebut tidak terlalu banyak personil (idealnya 4-6 orang), dengan ini maka semua orang didalamnya akan terlibat berbicara tanpa ada yang jadi penonton.
6. Berbincang dengan Turis Asing
Inilah yang kita jadikan evaluasi belajar speaking kita. sering-seringlah untuk ngobrol dengan Turis Asing yang kesehariannya memang menggunakan bahasa ingrris.OrangBule ini bisa banyak di jumpai di tempat-tempat wisata terkenal. Apabila turis tersebut memahami benar apa yang kita ucapkan bararti ini pertanda baik. dan selain untuk evaluasi perkembangan speaking kita, secara tidak langsung kita juga belajar logat berbicara English


1 komentar:

  1. SlotCity Casino NY Review, Welcome Bonus & Promo Code
    Read our detailed slotcity review 의왕 출장안마 and get your chance 의왕 출장안마 to win a 충청남도 출장마사지 massive 경상남도 출장마사지 $500 welcome bonus and free spins on SlotCity 경주 출장마사지 Casino!

    BalasHapus